Pages

TV ONLINE

CARA PASANG TV

29 Oktober, 2012

Ukuran, Jenis, dan Kualitas Bata



Saat ini ukuran batu bata yang beredar dipasaran mempunyai ukuran dimensi bervariasi baik yang dijumpai dari hasil pabrikasi maupun hasil pekerjaan lokal atau industri rumah tangga. Untuk bangunan, ukuran standard yang biasa dipergunakan adalah :
  • Panjang 240 mm, Lebar 115 mm dan Tebal 52 cm
  • Panjang 230 mm, Lebar 110 mm dan Tebal 50 cm
Penyimpangan yang diijinkan untuk ukuran tersebut adalah : Panjang maksimum 3%, Lebar maksimum 4 % dan Tebal maksimum 5%.

Metode Pelaksanaan Plumbing


Instalasi Air bersih :
  • Hal yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah denah Plumbing serta Diagram Isometri dimana dapat diketahui jalur-jalur instalasi pipa itu diletakkan.
  • Pemasangan pipa dilaksanakan setelah pasangan bata dan sebelum pekerjaan plesteran dan acian, fungsi untuk menghindari bobokan yang menyebabkan keretakan dinding. (Untuk instalasi dalam bangunan).
  • Untuk pemasangan di luar bangunan seperti pipa saluran air hujan dikerjakan setelah pekerjaan plesteran diselesaikan.
  • Pipa yang melewati plat dak atau balok atau kolom beton harus dipasang sparing atau pemipaan terlebih dahulu sebelum dilaksanakan pengecoran.
  • Pipa yang posisi/letaknya sudah betul segera ditutup dengan plug/dop yang tidak mudah lepas (menghindari kotoran/adukan masuk sehingga terjadi penyumbatan).
  • Hindari belokan pipa/ knik pipa dengan pembakaran.
  • Posisi pipa pada kamar mandi harus disesuaikan dengan saniter
  • Rencana instalasi air bersih diletakkan pada perempatan nat keramik / as keramik, simetris dengan luas keramik.
  • Setelah instalasi terpasang segera diadakan test tekanan pipa :
           - Untuk pipa Gip maximum 10 Bar
           - Untuk pipa PVC maximum 6 Bar

Septic tank dan resapan


Septic tank berkaitan erat dengan aktivitas biologis seluruh penghuni rumah. Agar tidak mudah penuh dan mampat, diperlukan rancangan yang tepat. Rancangan dan pemeliharaan yang tidak tepat, dapat membuat septic tank tidak berfungsi dengan baik.
Septic tank adalah sistem sanitasi yang terdiri dari pipa saluran dari kloset, bak penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan udara. Agar septic tank tidak mudah penuh dan mampat, perlu diperhatikan hal-hal berikut:

28 Oktober, 2012

Perancangan Lanskap


Perancangan Lanskap Tepi Jalan
Desain lanskap pada kawasan pinggir jalan ini sangat mempengaruhi sebagian besar rancangan lanskap kawasan di sekitarnya; baik itu perumahan, industri, olahraga atau wisata. 

Tujuan dirancangnya lanskap pinggir jalan ini adalah untuk mewujudkan lingkungan jalan yang serasi, yang dapat memenuhi fungsinya sebagai pengarah, teduhan, pelindung dari silau lampu kendaraan, penghalang bunyi, dan untuk memperindah pemandangan. 

Kebutuhan Ruang 

Zon lanskap yang meliputi kawasan jalan kaki dan kawasan penanaman perlu disediakan pada kedua tepi jalan yang disesuaikan dengan lebar jalan.

Konsep dari Karya Arsitektur yang Gagal Untuk Diaplikasikan


Karya arsitektur dapat dikatakan berhasil apabila dapat diwujudkan dalam bentuk yang nyata. Namun ketika desain tersebut hanya berupa gambar dan tidak diwujudkna dalam kehidupan ataupun di bangunan sangatlah tidak berarti apa-apa, bias dikatakan itu hanya berupa arsip dan koleksi gambar.

Inilah beberapa karya arsitektur yang memiliki desain yang sangat mengagumkan namun tidak dapat diaplikasikan ke kehidupan nyata.

1. Beacon of Progress Designed around 1891 for Chicago Illinois

Rencananya adalah sebuah menara batu setinggi 457 meter di Jackson Park, Chicago. Design yang memenangkan penghargaan ini dikemukakan oleh Professor MIT Désiré Despradelle, seorang Prancis. Dengan lebih banyak dukungan dana, bangunan ini bisa jadi bangunan buatan manusia tertinggi di dunia saat itu.


2. Hotel Attraction Designed in 1908 for New York City

Hotel Attraction maunya menjadi gedung tertinggi di New York pada saat itu. Didesign oleh Antoni Gaudi, tinggilnya adalah 360 meter, dan tampaknya sangat tak mungkin pada waktu itu. Sedikit sekali fakta yang diketahui tentang proyek ini sampai ketika tahun 1956, sebuah buku berjudul “The NEw World Called Gaudi” diterbitkan. Tidak jelas mengapa proyek ini dihentikan.

MENGGAMBAR PERSPEKTIF




Pengetahuan tetang cara kerja gambar perspektif untuk memperlihatkan bagaimana tamapak gedung yang direcanakan itu setelah selesai pembangunannya. Pendekatan perspektif cukp akuran untuk studi awal bahkan untuk orang awam, dan bagi orang yang telah ahli dalam menggambar. Gambar perspektif dapat digunakan untuk presentasi dalam pelaksanaan proyek pembangunan. Cara yang terbaik utnuk belajar adalah dengan membaca teks berikut ini dan memperhatikan ilustrasi-ilustrasi, sementara itu diharapakan untuk menyediakan pensil dan kertas untuk melakukan memulai sketsa-sketsa sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Pespektif dua titik, yaitu dengan dua titik utama yang hilang, sangat sering digunakan dalam membuat sketsa-sketsa gambar. Sedangkan untuk perspektif satu dan tiga titik hilang dibahas nanti lebih lanjut. Metode gambar perspektif dua titik yang dibahas sekarang bukan satu-satunya metode yang dapat doi pakai dan standar baku dalam membuat gambar perspektif, namun keunggulan untuk metode ini lebih sederhana dan mudah untuk di mengerti. Produk gambar akhir metode ini akan mirip dengna gamba ryang dihasilkan oleh metode-metode lainnya. Belajarlah untuk menggunakan pendekatan perspektif sampai lancar sebelum mencoba menggambar perspektif dengan menggunakan alat mekanis.

METODE PERANCANGAN ARSITEKTUR


 

Esensi metode perancangan arsitektur: Keberadaan karya arsitektur harus dapat membawa makna manifestasi kehidupan dalam bentuk/ekspresi.
Maka dari itu karya arsitektur harus mengandung: 
  • Keindahan 
  • Kekuatan 
  • Keteduhan 
  • Keharmonisan 
Keamanan Dalam fisik bangunan keterpaduan: 
  • Fungsi 
  • Tata ruang 
  • Struktur 
  • Kenyamanan 
  • Interior 
  • Mekanikal/ elektrikal 
  • Utilitas 
Bentuk Karya arsitektur berhasil maka: Terjadi KOMUNIKASI arsitektur yang serasi antara karya arsitektur dengan pengguna/ pengamat.
Pengamat sesuai FUNGSI

27 Oktober, 2012

Gairah Menggali Ruang


Snarkitecture

Pada tahun 1992, seorang praktisi arsitektur bernama Daniel Arsham menyaksikan bagaimana hurricane memporak-porandakan rumahnya. Saat musibah itu terjadi, ia dan keluarganya benar-benar tengah berada di dalam rumah. Sebagai seorang arsitek, Arsham akrab dengan bagaimana arsitektur dirancang serta dibangun dengan berbagai metode. Akan tetapi baginya peristiwa tersebut telah memberikan pengalaman yang sama sekali baru, yakni merasakan bagaimana arsitektur diurai kembali. 

“Experiencing that and seeing what architecture is actually made out of and how it’s actually built was an experience – watching architecture explode and walls literally melt and erode and burst open with water and leaves and branches and wind.” (Lee, 2011)


1
Gambar 1. Richard Chai Pop-Up Store.

Selain arsitektur, Arsham juga berpraktek dalam bidang seni dan performance. Ia menganggap bahwa ketiga ilmu tersebut merupakan ilmu yang saling mempengaruhi satu sama lain., Dalam prakteknya, beliau seringkali memudarkan batas antara ketiga ilmu tersebut. Dengan mengaburkan batas tersebut, gagasan datang kepadanya melalui berbagai macam pengalaman yang tidak diduga-duga, termasuk pengalamannya ketika diterjang hurricane. 

“He makes architecture do things it’s not supposed to do, mining everyday experience for opportunities to confuse and confound our expectations of space and form.” (www.snarkitecture.com) 

Snarkitecture adalah suatu bentuk kolaborasi antara Arsham dengan kerabatnya, Alex Mustonen. Istilah Snarkitecture terinspirasi dari sebuah puisi karya Lewis Carroll. Puisi itu mengisahkan tentang sekelompok orang yang berkelana mencari monster bernama Snark. Akan tetapi peta yang mereka miliki hanya berupa peta buta, sehingga mereka tidak mengetahui wujud Snark dan dimana posisinya.Snarkitecture kemudian merefleksikan metodenya sesuai dengan ideologi tersebut. Mereka sering bermain bersama dengan seniman atau designer lain dan menciptakan karya yang bebas dari petunjuk pasti. Snarkitecture berfokus kepada investigasi material, struktur dan program, dan bagaimana elemen tersebut dapat dimanipulasi membentuk karya yang baru dan penuh imajinasi. Salah satu karya mereka adalah instalasi retail temporer yang merupakan hasil kolaborasinya dengan seorang desainer bernama Richard Chai seperti terlihat pada gambar 1. Karya ini berupa sebuah instalasinya kerukan menggunakan alat tangan sederhana yang menghasilkan bentuk seperti tanah yang terkena erosi yang disesuaikan oleh sudut pandang Richard Chai sebagai seorang desainer.

DIG

Disorientasi dalam Arsitektur


Tentang Blind Light

Blind Light adalah salah satu instalasi yang diciptakan oleh Antony Gormley. Instalasi tersebut dapat dideskripsikan sebagai box atau ruangan berbentuk kubus yang dapat dimasuki oleh kurang lebih 25 orang. Uap air yang mengisi ruangan tersebut menghadirkan pengalaman yang menarik bagi orang-orang yang memasukinya. Uap air tersebut cukup tebal untuk membatasi pengelihatan orang-orang tersebut dimana ketika seseorang menjulurkan tangannya sendiri, dapat dikatakan mustahil baginya untuk dapat melihat tangannya sendiri. 

Dengan jelas dapat dilihat bahwa ada cahaya di dalam instalasi tersebut, namun kita tidak dapat melihat dimana sumber cahayanya. Uap air yang mengisi instalasi tersebut menyebabkan arah cahaya menjadi berbaur, seakan-akan ruangan tersebut berisi cahaya.


Instalasi Blind Light
Sumber: www.telegraph.co.uk/blindlight.htm

Menabrak batas ruangan tersebut, kira-kira itulah yang kebanyakan orang-orang alami ketika berada di dalam instalasi ini. Dikarenakan tidak dapat melihat sekeliling termasuk tubuh sendiri, maka sebuah pengalaman disorientasi layaknya berada dalam kabut dirasakan oleh orang-orang yang berada di dalamnya.

26 Oktober, 2012

Halte Bus ’Terbaik’ di Inggris: Intervensi Bermakna bagi Komunitas


Tulisan ini merupakan sebuah refleksi terhadap kisah sebuah halte bus yang pernah mendapat predikat ‘terbaik’ di Inggris Raya. Kisah halte unik ini menggambarkan sebuah wujud intervensi arsitektur yang sangat sederhana yang diprakarsai oleh Bobby Macaulay, seorang siswa sekolah dasar. Intervensi sederhana ini kemudian ternyata mengandung beragam makna bagi komunitas sekitarnya.

Berawal dari Gagasan Seorang Anak

Kisah halte bus yang tidak terlalu terkenal ini terjadi di Unst, sebuah pulau yang juga tidak terlalu terkenal. Unst terletak di ujung utara Inggris Raya, dan berpenduduk hanya sekitar 900 jiwa. Letaknya sedemikian terpencil di kepulauan Shetland, hingga untuk mencapainya dari daratan Inggris pun harus beberapa kali berganti ferry. Nama Unst juga sangat jarang terdengar sebagai tempat tujuan wisata. Tidak banyak obyek wisata yang terdapat di situ, selain dari cagar alam, museum kapal dan sebuah kastil. 

Namun Unst menjadi istimewa dengan kehadiran sebuah halte bus di Little Hamer Road. Halte bus itu sendiri bentuknya tidak banyak berbeda dengan halte-halte yang lain di Inggris; sebuah bangunan kotak beratap dengan dinding transparan. Yang membedakannya dengan halte bus lain adalah di situ orang bisa menunggu bus sambil duduk santai di sofa dengan bantal-bantal, sambil menikmati kudapan hangat, ditemani serangkaian hiasan bunga-bunga serta sebuah komputer. Sungguh seperti berada di sebuah ruang duduk keluarga yang nyaman.


Gambar 1. Halte bus di Little Hamer Road, Unst
Sumber: www.unstbusshelter.shetland.co.uk

Kisah halte bus unik ini berawal sekitar sepuluh tahun yang lalu, ketika Bobby Macaulay, seorang siswa sekolah dasar menulis ke suratkabar setempat mengenai halte di dekat rumahnya yang rusak dilanda badai. Bobby menulis betapa menderita bila ia harus berlama-lama menunggu bus sekolah di tengah cuaca dingin. Pemerintah setempat ternyata segera menanggapi surat tersebut dengan membangun sebuah halte baru.

Vitruvius dalam Asterix: Kritik terhadap Keteraturan Arsitektur


Asterix adalah komik dengan setting sekitar tahun 50 SM ketika Roma sedang berusaha menguasai Eropa dibawah pimpinan Julius Caesar. Walaupun settingnya adalah Eropa abad 50 SM, tapi sesungguhnya cerita dan parodi yang disampaikan sangat bernuansa abad 20 Masehi. Yang membuat saya tertarik adalah settingnya, yang mengingatkan saya pada desain kota ala Vitruvius (1960).

Melihat sejarah aslinya, Julius Caesar yang merupakan Kaisar Roma pada masa itu memang sedang berusaha menaklukan daerah-daerah di Eropa sehingga menjadi miliknya, termasuk wilayah Galia (Eropa Barat; sekarang mencakup daerah Italia, Perancis, Belgia, Switzerland, Belanda dan Jerman). Salah satu kota yang menjadi pusat peradaban adalah kota Lutetia; sekarang dikenal dengan nama Paris.


Gambar 1. Setting Roma dan sekitarnya
Sesuai pernyataan Vitruvius tentang perencanaan kota, barak tentara berada di luar kota.
Sumber: Komik Asterix


Pada komik Asterix tentu saja kejadiannya sedikit berbeda. Pada tahun 52 SM, Julius Caesar berhasil menaklukkan seluruh Galia yang berkepala suku Vercingetorix. Namun masih ada satu desa Galia kecil yang tidak pernah kalah dari bangsa Romawi karena memiliki seorang dukun yang sakti dan mampu membuat ramuan rahasia yang membuat si peminum ramuan menjadi kuat dan tidak terkalahkan.

Superimposition of Events: Gagasan Superimposisi Berdasarkan Bernard Tschumi’s Parc de la Villette

Geometri Arsitektur merupakan sebuah pembelajaran yang membahas mengenai bentuk-bentuk geometris yang hadir dan terbentuk di dalam suatu ruang untuk dialami oleh manusia. Dalam pengertiannya, geometri dan arsitektur secara bersama-sama memberikan suatu makna terhadap kehadiran suatu bentuk entah itu berupa titik, garis, ataupun bidang di dalam suatu ruang tiga maupun empat dimensi untuk dialami oleh manusia. Lahirnya sebuah geometri di dalam arsitektur tidak lagi semata-mata hanya melihat dari hasil akhirnya saja melainkan dari bagaimana geometri itu terbentuk dan bagaimana proses penjabaran eksplorasi dalam menemukan geometri tersebut.

Mekanisme pembentukan geometri arsitektur yang saya eksplorasi merupakan salah satu hasil karya arsitektur Bernard Tschumi yang sangat terkenal di Paris pada tahun 1990, Parc de la Villette. Pada awalna, salah satu hal mendasar yang paling menarik perhatian saya adalah komposisi bentuk follies yang ada di lahan kosong seluas 125 hektar. Bentuk follies tersebut memiliki kesan unik dan khas tersendiri. Dia tidak memiliki kesan homogen antara yang satu dengan yang lainnya. Semua seolah tersebar di taman itu dengan bentuk yang berbeda-beda. Bagaimana cara Tschumi menghasilkan bentuk-bentuk itu? Bagaimana ia membuat bidang-bidang itu bertabrakan, bersinggungan, atau kemudian diteruskan hingga membentuk suatu yang kontinu di dalam lahan itu dan dapat dinikmati oleh berbagai event manusia dalam ruang dan waktu?

Gambar 1. Parc de la Villette, Paris

Parc de La Villette, Paris, berawal mula dari konsep taman yang ditawarkan oleh Tschumi. Berbeda dengan pandangan masyarakat saat itu bahwa taman adalah tempat di mana mereka dapat melupakan city (kesibukan mereka bekerja, contohnya), Tschumi berusaha menghadirkan konsep murni berupa Urban Park. Konsep yang berusaha dihadirkannya ini benar-benar tidak berasal dari lingkungan sekitar site yang berupa daerah industri tua di Paris. Sebagai langkah awal ia melihat beberapa preseden organisasi ruang taman-taman kota yang ada di Paris dari abad ke-18 hingga abad ke-20. Dari situlah kemudian ia menemukan layer- layer berupa point and grid system yang dapat diaplikasikan pada desainnya.

10 Konsep Rumah Pohon Yang Mengagumkan

Sebagai anak muda (atau bahkan dewasa) yang belum bermimpi hidup pohon rumah? Beberapa struktur yang dibangun di atas pohon atau hung dari pohon, tetapi beberapa pohon biasa desain bangunan rumah bahkan berkembang dari pohon atau kanan dibangun menjadi pohon. Beberapa orang tinggal di pohon-pohon sebagai mewah, sebagian untuk membantu menyelamatkan lingkungan hidup dan lain-lain dari tradisi atau kebutuhan. Berikut adalah sepuluh desain rumah pohon luar biasa yang berkisar dari fungsional ke khayali, berkelanjutan dan terjangkau untuk asing ke luar biasa mahal. 

1. Baumraum Treehouses:

http://www.inhabitat.com/wp-content/uploads/baum1.jpghttp://www.inhabitat.com/images/baumraumnight.jpg

Baumraum treehouses blends palen klasik yang sederhana struktur kayu di pohon dengan sudut modernist, membersihkan saluran dan elemen desain lainnya. Paduan ini dengan baik dan berdiri keluar dari daerah sekitar mereka alami dan disesuaikan untuk keinginan klien sebelum dipasang. Yang kedua adalah kelompok Baumraum eksperimental dan berpengalaman, ingin keahlian dalam pohon jenis, kemampuan dan dampak lingkungan.

24 Oktober, 2012

konsep BENTUK dan RUANG dalam Arsitektur Modern





Falling Water, Frank Lloyd Wright 
Arsitektur modern adalah sebuah sesi dalam perkembangan arsitektur dimana ruang menjadi objek utama untuk diolah. Jika pada masa sebelumnya arsitektur lebih memikirkan bagaimana cara mengolah façade, ornamen, dan aspek-aspek lain yang sifatnya kualitas fisik, maka pada masa arsitektur modern kualitas non- fisik lah yang lebih dipentingkan. Fokus dalam arsitektur modern adalah bagaimana memunculkan sebuah gagasan ruang, kemudian mengolah dan mengelaborasinya sedemikian rupa, hingga akhirnya diartikulasikan dalam penyusunan elemen-elemen ruang secara nyata.

Menurut Rayner Banham pada bukunya yang berjudul “Age of The Master : A Personal View of Modern Architecture”, 1978, perkembanagan arsitektur modern menekankan pada kesederhanaan suatu desain. Para arsitek pada masa itu menginginkan bangunan rancangannya bersih dari ornamen dan sesuai dengan fungsinya dengan menghilangkan paham eclecticism pada tiap rancangannya. Arsitektur modern merupakan Internasional Style yang menganut Form Follows Function (bentuk mengikuti fungsi). Bentukan platonic solid yang serba kotak, tak berdekorasi, perulangan yang monoton, merupakan ciri arsitektur modern.
 
Menurut Peter Gossel dan Gabriele Leu Thauser dalam bukunya yang berjudul, “Achitecture in the 20th century”, 1991.

Struktur Tata Ruang

Definisi Struktur Ruang

Struktur Ruang adalah susunan pusat-pusat permukiman, sistem jaringan serta sistem prasarana maupun sarana. Semua hal itu berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial-ekonomi yang secara hirarki berhubungan fungsional. Tata ruang merupakan wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang baik yang direncanakan ataupun tidak. Wujud struktural pemanfaatan ruang adalah susunan unsur-unsur pembentuk rona lingkungan alam, lingkungan sosial, dan lingkungan buatan yang secara hirarkis dan struktural berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk tata ruang.

Adapun elemen-elemen yang membentuk struktur ruang kota (Sinulingga, 2005: 97, yaitu
  • Kumpulan dari pelayanan jasa termasuk di dalamnya perdagangan, pemerintahan, keuangan yang cenderung terdistribusi secara berkelompok dalam pusat pelayanan. 
  • Kumpulan dari industri sekunder (manufaktur) pergudangan dan perdagangan grosir yang cenderung untuk berkumpul pada suatu tempat. 
  • Lingkungan permukiman sebagai tempat tinggal dari manusia dan ruang terbuka hijau. 
  • Jaringan transportasi yang menghubungkan ketiga tempat di atas.
Bentuk dan model struktur ruang

Bentuk struktur ruang kota apabila ditinjau dari pusat pelayanan (retail) terbagi menjadi tiga, yaitu (Sinulingga, 2005:103-105)

1. Monocentric city

Monocentric city adalah kota yang belum berkembang pesat, jumlah penduduknya belum banyak, dan hanya mempunyai satu pusat pelayanan yang sekaligus berfungsi sebagai CBD (Central Bussines District).

Tampil Beda Dengan Warna Plafon Dramatis


JAKARTA - Ingin rumah terlihat beda? Atau ingin merasakan suasana baru pada hunian tercinta? Salah satu cara yang mungkin terpikir pertama kali adalah dengan mengubah cat dinding. Tapi, sebenarnya ada opsi lain yang bisa anda lakukan yakni dengan mengubah warna plafon rumah. 

Karena plafon meliputi seluruh ruangan pada rumah, dengan memberikan warna yang tepat. Anda bisa mengubah tampilan keseluruhan ruangan menjadi lebih dramatis. Anda juga dapat menciptakan ilusi ruangan menjadi lebih pendek atau lebih tinggi, serta ruangan yang terlalu sempit menjadi lebih terkesan luas atau sebaliknya. 

Simak pemaparan para ahli desain interior dari Freshome dalam memilih variasi warna plafon yang tepat berikut ini, seperti yang dikutip dari lamannya, 
Senin (30/1/2012).

Memainkan kesan Visual "Memperluas ruang mungil"


Kesan sempit dan sumpek pada ruangan di hunian mungil dapat disiasati dengan memainkan kesan visual. Ada dua trik yang bisa Anda lakukan, yaitu:
1. Memasang cermin

Cermin, menggandakan obyek yang ada di depannya dan juga dapat menambah kesan imajiner pada ruangan. Dengan cermin, Anda dapat "memperluas" ruangan lewat permainan jangkauan visual penghuni rumah. Secara visual, ruang akan tampak lebih luas dari luas normal.


Untuk pemasangannya:
  • Pilihlah bagian dinding yang memberi dampak visual terbesar terhadap ruang.
  • Untuk peletakannya bisa di dinding kosong, pintu almari, atau partisi.
  • Cermin dapat dipasang dengan orientasi vertikal (dari atas ke bawah) dengan jarak sisi bawah dan lantai lebih besar dari 60 sentimeter.
  • Pemasangan lebih banyak cermin dengan ukuran semakin besar, maka akan semakin memperbesar tampilan imajiner.
2. Memajang gambar, foto, atau lukisan alam

Apa itu superblock?


Superblok merupakan salah satu konsep penataan ruang yang memaksimalkan fungsi lahan pada lahan yang terbatas. konsep ini disebut-sebut oleh para ahli tata ruang merupakan salah satu solusi dalam mengembangkan perkotaan dengan lebih efisien. efisien energi dan efisien dalam hal pemanfaatan lahan yang terbatas pada kawasan perkotaan. Karena pada konsep ini semua fungsi pemenuhan kebutuhan manusia disediakan dalam satu kawasan yang kecil. Seperti membuat kota sendiri pada lahan 300 Ha2 . ada fungsi permukiman , perdagangan, pendidikan, jasa, rekreasi dan fungsi-fungsi lainnya dalam lahan yang terbatas tersebut. Jadi kita tidak perlu melakukan kegiatan mobilisasi yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan hidup. Bekerja, sekolah, belanja dapat dilakukan dalam kawasan kecil ini, yang disebut dengan superblock. Sehingga diharapakan dapat menghemat energy dan waktu yang selama ini bayak di habiskan untuk kegitan mobilisasi, dari rumah ketempat kerja, rumah-sekolah, rumah-pasar, dan sebaliknya. Contoh-contoh superblok ini biasanya akan banyak ditemui pada wilayah yang sudah padat penduduk. Di Jakarta misalnya, akan banyak ditemui “kota-kota kecil” didalamnya , misalnya Season City Jakarta, Central Park Podomoro City, dll.

Fenomena Permukiman di kawasan pegunungan



Peraturan zonasi (zoning regulation) merupakan salah satu bagian atau alat dari perencanaan pengggunaan lahan dalam suatu wilayah maupun daerah. Perencanaan penggunaan lahan (land use planning) adalah suatu cara yang dimaksudkan agar pembangunan dalam suatu wilayah dapat diarahkan sesuai dengan daya dukung dan dikendalikan sesuai dengan daya tampung lahannya. Perencanaan penggunaan lahan juga dapat mengintervensi pengguna lahan dalam memanfaatkan lahaannya agar nantinya lahan yang dimanfaatkan tersebut dapat lebih produktif dan berkelanjutan (sustainable), serta memberikan dampak-dampak positif lain bagi perkembangan dan pembangunan berikutnya.

The land use plan  embodies a proposal as to how expansion and renewal should proceed in the future, recognizing local objectives and generally accepted principles of health, safety, convenience, economy, and the general amenities of urban living (Chappin, 1965)

Elemen Pembentuk Kota


Pendekatan perancangan kota meliputi semua domain ; ekonomi, sosial budaya, militer, seni, teknologi, politik, dan sebagainya tergantung tujuan dibangunnya sebuah kota serta kegiatan utama penduduknya. Berdasarkan pendekatan – pendekatan tersebut, elemen – elemen pembentuk kota disusun dan dianalisis dalam perancangan. Dari pendekatan tersebut pula banyak jenis kota yang diciptakan sesuai dengan peruntukannya; kota tambang, kota tekstil, kota industri, dan sebagainya. Ankara (turki) dan Cambera (Australia) lahir dari kebutuhan politik, Besancon dan Metz (perancis) lahir dari kebutuhan pertahanan.

Amos Rapaport (1985) yang melakukan studi permukiman tradisional dibeberapa negara menyimpulkan bahwa, pengaturan lingkungan permukiman manusia, merupakan wujud pengejawantahan manusiayang merasa perlu mengatur jagad raya ini, dimana semua kebudayaan mempunyai suatu system pengaturan lingkungan permukiman secara sendiri – sendiri; mereka berkomunikasi secara simbolis melalui pengaturan lingkungan. Semua lingkungan mempunyai makna dan mereka menggambarkan makna itu dalam bentuk skema, prioritas, preferensi dan kebudayaan dari penciptanya. Pada kebudayaan tradisional, pengaturan berdasarkan agama dengan maksud untuk mengatur kekacauan dunia dengan meniru suatu pengatura ideal, yaitu pengaturan dan harmoni surgawi.

Stein's Neighbourhood


Tulisan ini berdasarkan literatur buku: "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan. 

Clarence Perry mengembangkan ide tentang neighbourhood unit dengan menganalisa keugulan yg ditemukan pada gardening dan forest hills gardens. Neighbourhood fokus kepada comunity center, tempat untuk rembug bersama anggota masyarakat. Hal penting dalam konsep yang ditawarkan oleh perry adalah pada fasilitas umum keseharian masyarakat seperti: toko, sekolah, taman bermain haruslah berada pada jarak pejalan kaki dengan setiap rumah yang ada. Yang nantinya akan berpengaruh pada ukuran dari neighbourhood itu sendiri. Jalan dengan intensitas yg tinggi dijauhkan dari lingkungan neighbourhood. Neighbourhood ini dapat menampung 5000 orang, cukup besar untuk penyediaan kebutuhan fasilitas keseharian, dan tidak terlalu kecil sebagai suatu komunitas.

Howard's Garden City


Tulisan ini berdasarkan literatur buku: "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan. 

Gerakan Garden City merupakan pendekatan perencanaan perkotaan yang muncul pada tahun 1898 oleh Sir Ebenezer Howard di Inggris. Kota mengalami tekanan akibat populasi yg meningkat maka diciptakan kota baru dan banyak kota kecil di pingiran/ sekeliling kota lama. Hal ini juga untuk mengantisipasi urbanisasi ke pusat kota, sehingga kondisi pusat kota dapat dijaga. 

Pada tahun 1898, Sir Ebenezer Howard menerbitkan buku Tomorrow: A Peaceful Path to Real Reform (yang 4 tahun kemudian diterbitkan ulang dengan judul Garden Cities of Tomorrow), yang menuangkan idenya mengenai konsep perencanaan sebuah kota baru. Konsep ini menggabungkan aspek-aspek terbaik yang dimiliki oleh kota dan desa.

The City Beautiful


Tulisan ini berdasarkan literatur buku: "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan. 

American City beautiful dirancang terinspirasi dari Paris oleh Haussmann dan pendahulunya. City beautiful dicetuskan ketika berlangsung “word columbian exposition” di daerah chicago 1893. “The World's Columbian Exposition” - juga dikenal sebagai The Chicago World's Fair - merupakan World's Fair yang diselenggarakan di Chicago pada tahun 1893 untuk merayakan 400 kedatangan Christopher Columbus di Amerika.

Pameran ini, sebagian besar, didesain oleh Daniel Burnham dan Frederick Law Olmsted. Ini adalah prototipe dari apa yang Burnham dan rekan-rekannya pikirkan mengenai bagaimana sebuah kota seharusnya dirancang. Rancangannya mengikuti prinsip-prinsip seni desain Beaux-Arts. Beaux-arts adalah merupakan style atau gaya arsitektur neoklasik Eropa berdasarkan prinsip-prinsip simetris dan keseimbangan seperti Renaissance, Baroque, dan Rococo.

SITTE ARTISTIC PLANNING


Tulisan ini berdasarkan literatur buku: "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan.

Berbeda dengan Haussmann yang sudah saya posting pada artikel sebelumnya, dimana Haussmann memiliki karakter rancangan dan perencanaan yang terkesan terlalu formal dan monumental. Camillo Sitte memiliki perencanaan kota berdasarkan prinsip artistik (1889).

Perencanaan-nya bersifat "Picturesque Architects" dimana karyanya sangat artistik bagaikan sebuah lukisan dalam kanvas, yang dikenal dengan picturesque theory yang memiliki sifat lebih spontanitas. Peningkatan detail untuk kesan lebih artistik.

Boulevard pada satu kota dengan 2-3 taman, lebih efektif pada kesehatan, rekreasi, ketenangan/kedamaian, udara dan shade/ bayangan kota.

HAUSSMANNIZATION


Tulisan ini berdasarkan literatur dari buku "The City Assembled", oleh spiro kostof. Serta buku "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan.

Haussmannization adalah merupakan sistem penataan kota yang dicetuskan oleh Baron Eugene Haussmann terhadap kota Paris. Pembaharuan kota kota paris yang telah hancur akibat dari perang. "Penghancuran adalah salah satu cara untuk membentuk kota".

Kekuatan utama dalam perubahan adalah adanya legalisasi dari aturan yg ada. Keuntungan yg diperoleh dari haussmannization adalah percepatan pertumbuhan kota dan meningkatnya kesehatan publik, jaringan jalan yg baik, perumahan dan perkantoran yg modern, dan pemenuhan kebutuhan sosial.

Belajar dari paris abad 15, dimana kehidupan kota dianggap sebagai suatu seni dan merupakan pengalaman estetika. Haussmann merasakan kota kurang fungsional dan hanya estetis semata, maka pada penataan berikutnya dia lbh menekankan pada fungsinya.

Great Streets


Tulisan ini merupakan ringkasan hasil terjemahan dari buku great streets karya: Allan Jacobs. Buku ini membahas mengenai jalan-jalan baik (great streets) yang ada di dunia. Dimana bertujuan sebagai informasi mengenai kualitas lingkungan fisik (rencana, potongan jalan, dimensi, detail, pola dan konteks urban) dari jalan-jalan yang baik tersebut, sehingga dapat dijadikan acuan bagi para perancang kota dan pengambil keputusan.
Peran jalan dalam kehidupan perkotaan.
Jalan tidak sekedar merupakan utilitas publik seperti saluran air dan limbah, saluran kabel listrik dan bukan sekedar ruang fisik dimana orang dan jalan melewatinya. Jalan merupakan tempat untuk berkomunikasi dan bersosialisasi antar individu. Masyarakat kota mengerti bahwa jalan memiliki symbol, makna dan aturan sosial dan politik bukan sekedar sebagai jalur akses dan pergerakan.

17 Oktober, 2012

TERBENTUKNYA RUANG DARI UNSUR VERTICAL

Unsur-unsur Linier Vertikal
Unsur-unsur linier membentuk sisi-sisi tegak lurus dari suatu volume ruang.

Bidang Vertikal Tunggal
Sebuah bidang vertikal akan mempertegas ruang di hadapannya.

Bidang Berbentuk L
Suatu konfigurasi bentuk-L dari bidang-bidang vertikal menimbulkan suatu daerah ruang dan arah sudut keluar sepanjang diagonalnya.

Bidang-bidang Sejajar
Dua buah bidang vertikal sejajar membentuk suatu volume ruang di antaranya yang berorientasi aksial terhadap kedua ujung terbuka dari konfigurasinya

Bidang Berbentuk U
Suatu konfigurasi bentuk-U dari bidang-bidang vertikal membentuk suatu volume ruang yang orientasi utamanya menghadap ujung yang terbuka dari konfigurasinya

Empat Bidang Tertutup
Empat bidang vertikal membentuk batas-batas dari suatu ruang introvert dan mempengaruhi daerah ruang di sekeliling pagar tersebut.

Gambarnya dapat anda lihat seperti urutan yg ada dibawah ini :

ORGANISASI RUANG

Berikut ini adalah jenis-jenis organisasi ruang :

1.Organisasi Terpusat 
Sebuah ruang dominan terpusat dengan pengelompokan sejumlah ruang sekunder.
2.Organisasi Linier
Suatu urutan dalam satu garis dan ruang-ruang yang berulang
3.Organisasi Radial
Sebuah ruang pusat yang menjadi acuan organisasi ruang-ruang Iinier yang berkembang menurut arah jari-jari.
4.Organisasi Cluster
Kelompok ruang berdasarkan kedekatan hubungan atau bersama-sama memanfaatkan satu cirii atau hubungan visual.
5.Organisasi Grid
Organisasi ruang-ruang dalam daerah struktural grid atau struktur tiga dimensi lain.
contohnya:

10 Tempat Yang Hampir Tidak Mungkin Kamu Kunjungi

  • Mezhgorye
adalah kota tertutup di Rusia yang terletak di Gunung Yamantaw, kota yang didirikan pada tahun 1979 ini berada diketinggian 1.640 m, kota ini ditenggarai oleh AS sbg tempat rahasia pembuatan nuklir. Proyek besar ini mulai diamati oleh satelit AS pada 1990. AS meminta pernyataan dari pihak Rusia akan tempat ini, tetapi Rusia membantahnya, mereka bilang itu hanyalah lokasi pertambangan.

7 Teknologi Arsitektur Kuno Yang Menakjubkan


Bangga akan apa yang kita capai dalam kemajuan IPTEK. Mungkin kita mengira bahwa pembangkit listrik tenaga surya, angin, dan lainnya merupakan teknologi canggih yang ditemukan oleh para ilmuwan di zaman modern ini. Tetapi, kita pasti tidak mengira bahwa desain teknologi yang mirip sudah lebih dulu diciptakan oleh peradaban zaman dahulu.
  • Desain Kincir Angin
Kincir angin Persia kuno merupakan salah satu kincir angin tertua yang pernah dibuat oleh manusia. Kincir angin ini dibuat oleh peradaban Persia sekitar 3000 tahun yang lalu. Kincir angin ini digunakan untuk menggiling gandum dan memompa air.

Tanaman alang – alang diikat menjadi satu sehingga terbentuk bantalan yang diletakkan di sumbu pusat. Kincir angin ini dibuat dengan hati – hati, karena hampir setiap bagian dibuat dengan tangan.

16 Oktober, 2012

Jenis-Jenis Struktur Jembatan

Menurut wikipedia, jembatan adalah sebuah struktur yang sengaja dibangun untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti air sungai, lembah, rel kereta api maupun jalan raya. Jembatan dibangun agar para pejalan kaki, pengemudi kendaraan atau kereta api dapat melintasi halangan-halangan tersebut. Namun ternyata ada banyak jenis jembatan yang tentunya berbeda-beda baik dari segi struktur maupun kekuatan sampai biaya pembangunannya. Berikut jenis-jenis struktur jembatan yang berhasil dihimpun.

Jembatan Alang (Beam Bridge)


Jembatan alang adalah struktur jembatan yang sangat sederhana dimana jembatan hanya berupa balok horizontal yang disangga oleh tiang penopang pada kedua pangkalnya. Asal usul struktur jembatan alang berawal dari jembatan balok kayu sederhana yang di pakai untuk menyeberangi sungai. Di zaman modern, jembatan alang terbuat dari balok baja yang lebih kokoh. Panjang sebuah balok pada jembatan alang biasanya tidak melebihi 250 kaki (76 m). Karena, semakin panjang balok jembatan, maka akan semakin lemah kekuatan dari jembatan ini. Oleh karena itu, struktur jembatan ini sudah jarang digunakan sekarang kecuali untuk jarak yang dekat saja. Jembatan alang terpanjang di dunia saat ini adalah jembatan alang yang terletak di Danau Pontchartrain Causeway di selatan Louisiana, Amerika Serikat. Jembatan ini memiliki panjang 23,83 mil (38,35 km), dan lebar 56 kaki (17 m).

15 Oktober, 2012

Arsitektur Lansekap


Ruang lingkup profesi meliputi: desain perkotaan , perencanaan situs ; kota atau perencanaan kota ; lingkungan restorasi , taman dan perencanaan rekreasi, manajemen sumber daya visual;Infrastruktur penyedia dan perencana berbagai produk hijau; dan pemukiman pribadi, perumahan (real estate) dan master perencanaan dan desain lansekap; semua pada berbagai skala desain, perencanaan dan manajemen. Seorang praktisi dalam profesi arsitektur lansekap disebut arsitek lanskap. 

Dalam praktek, keahlian di bidang arsitektur lanskap dikenal sebagai suatu profesi yang di-recognized. Profesi ini merupakan suatu vokasi yang khas dengan tanggungjawab yang khusus, yang diakui oleh sejawat profesi. Terdapat profesi bertaraf internasional yang disebut International Federation of Landscape Architecture (IFLA) dan yang bertaraf nasional yaitu Ikatan Arsitektur Lanskap Indonesia (IALI). 

Beberapa domain tanggungjawab profesi ini meliputi jasa-jasa konsultan perencana dan perancang (landscape planner & designer), kontraktor, project management service, nurseryman dan pengelola atau pengambil keputusan, peneliti dan pendidik.

Atap Bertanaman Ekologis Ban Fungsional

Taman diatas atap adalah jenis atap yang baru-baru ini berkembang dengan pesat, digunakan baik untuk rumah tinggal maupun bangunan komersial. Tujuannya adalah agar bisa memiliki taman meskipun berada diatas bangunan. Dalam merencanakan konstruksi taman diatas atap, kita harus memperhatikan dahulu faktor keamanan berupa beban yang harus dipikul oleh keseluruhan struktur yaitu dak beton itu sendiri, beban tanah dan lapisan taman, tanaman dan juga manusia. Dalam artikel ini saya pilihkan buku yang ditulis Heinz Frick berjudul ’Atap bertanaman ekologis dan fungsional’.





Kutipan: Beban tambahan yang perlu diperhitungkan dalam tahap desain meliputi:

14 Oktober, 2012

Membuat Sirkulasi Udara Kamar Mandi Lebih Baik



Bagi sebagian orang, kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang di jadikan perhatian khusus. Mereka menganggap kamar mandi adalah ruangan paling privasi dari seluruh bagian rumah. Maka tidak heran jika kamar mandi di buat senyaman mungkin dengan desain khusus. Saya pernah menggunakan kamar mandi milik seorang teman, desainnya unik tapi nyaman. Dindingnya dibuat seperti bebatuan coklat kehitaman, di beberapa bagian diberi pohon dari plastik, lantai di buat dari batu apung dan singkatnya "beraroma" pedesaan-lah.

Berpikir Visual-Auditori-Kinestetis dalam Ber-Arsitektur



Ber-Arsitektur 

Marqués de Riscal winery by Frank Gehry
Ber-Arsitektur adalah kegiatan yang dilakukan seorang arsitek sebagai seorang master builder, sehingga di dalamnya termasuk proses yang berlangsung atau dilakukan oleh arsitek tersebut dalam menghasilkan sebuah desain. Sebagai proses yang dilakukan oleh seorang ahli, maka ber-arsitektur bukan sebuah kegiatan yang dilakukan tanpa kesadaran. Hal inilah yang membedakan arsitektur dari artefak, dan inilah mengapa seorang desainer profesional dibutuhkan.[2] Heath menyatakan tentang arsitek dan arsitektur sebagai berikut: 

Architecture, will be taken to be the design, by a full-time professional designer trained for his work, of structures of some social importance to which, whether because of their large scale or their complexity, considerable resources must be devoted.[3]

13 Oktober, 2012

Neighborhood Unit

Dalam khazanah perencanaan kota dan pemukiman, Neighborhood Unit barangkali boleh dianggap sebagai bentuk pemukiman paling ideal. Tidak heran kalau orang mendambakan bisa tinggal di lingkungan seperti itu. 

Dalam unit ini, semua rencana dilandasi prinsip human first and life priority basis. Artinya, pemukiman tersebut dikembangkan sedemikian rupa untuk menampung kegiatan hidup sehari-hari, dalam suasana yang nyaman, manusiawi, serta mementingkan hubungan komunitas antar sesama warganya. Pendek kata Neighborhood Unit adalah ruang kota bersuasana “kampung halaman” yang dibuat untuk mengembalikan social community yang sehat dalam kehidupan urban. 

Bentuk fisiknya boleh bervariaisi. Satuan luasnya sekitar 100 hektar. Daya tampungnya diproyeksikan untuk 6.000 sampai 10.000 penduduk. Dalam skala yang lebih luas, satuan tadi boleh dibayangkan seperti sel-sel pemukiman yang tersebar di sekeliling kota. Masing-masing unit dipisahkan oleh infrastruktur kota maupun batas alam yang cukup jelas seperti rel kereta api, jalan raya, sungai, saluran irigasi, ladang, hutan kota, dan sebagainya. 

Bentuk perumahannya didominasi oleh rumah tunggal (detached house), dilingkungi jaringan jalan dengan hierarki dan standar kualitas tertentu. Yang pasti, wilayah ini tidak ingin diganggu oleh through traffic. Dengan demikian anak-anak tidak perlu memotong jalan raya bila hendak bermain atau pergi ke sekolah. Demikian pula ibi-ibu rumah tangganya, tak perlu khawatir dengan hingar bingar lalu lintas. Selanjutnya ada fasilitas pendidikan, khususnya tingkat Sekolah Dasar, yang prinsipnya harus mampu menampung “seluruh” murid di wilayah tersebut. Lokasi SD ditempatkan sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai pusat wilayah sekaligus community center bagi warganya.

11 Oktober, 2012

METODE DAN STRUKTUR BANGUNAN TRADISIONAL JEPANG


Awal dari perkembangan arsitektur Budhis di Jepang telah mengalami satu proses yang evolusioner. Munculnya sekte-sekte baru dalam agama Budha, berakibat pula pada pembangunan bangunan baru, perubahan kekuasaan, perkembangan teknologi, dan kesemua hal tersebut dapat memberikan sumbangan yang beragam, terutama pada detail-detail bangunanya. Perkembangan desain dari kuil-kuil Budhis yang terdapat di China dan Jepang, merupakan produk yang sangat kompleks meskipun melalui sebuah proses perubahan yang lambat. Dari hasil proses tersebut, akhirnya memberikan adanya perpaduan di antaranya, pengaruh-silang (cross-influences), percampuran (hybridization), perubahan (alteration), dan keunikan (idiosyncrasies). Dengan adanya perbedaan-perbedaan itu, akhirnya mereka membuat kodifikasi dan standarisasi, terutama yang berkaitan dengan skala dan proporsi. Di China sendiri, desain bangunan pertama kali dikodifikasi pada abad ke-12 melalui publikasi yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah berupa standarisasi bangunan, yang tujuannya adalah untuk menggantikan pedoman yang telah ada yang dikeluarkan sekitar abad ke-8.
Dalam arsitektur klasik barat, arsitek telah menggunakan rincian sistem dari proporsi, dan kebiasaan dari arsitek atau tukang kayu/bangunan (carpenters) domestik, adalah selalu menggunakan metode-metode proporsi yang sederhana. Bagaimana pun pendokumentasian dari metode desain dari para tukang kayu/bangunan adalah sangat langka. Hal ini disebabkan, karena pertimbangan dari beberapa teknik yang mereka gunakan merupakan rahasia profesi. Hal yang sama menjadi benar di Jepang, bahwa tukang kayu/bangunan menyembunyikan metode-metode desain dalam keluarga mereka sebagai rahasia (Larsen, 1994:112). Bila pengetahuan dari kiwari telah dipertimbangkan betul-betul sebagai rahasia, hal ini dimaksudkan agar dapat diteruskan ke generasi berikutnya. Memang telah dipertimbangkan oleh beberapa tukang kayu/bangunan, bahwa publikasi mengenai kiwari ini membahayakan, karena menurut pendapat mereka arsitektur tidak dapat disimpan atau dicatat semata-mata dalam batas-batas peraturan yang tegas. Para arsitek atau tukang kayu/bangunan harus selalu mempertimbangkan lingkungan di tempat bangunan akan didirikan. Dalam praktek ritual, banyak permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam mempelajari peralatan tradisional yang dipergunakan tukang kayu/bangunan dalam merancang bangunan di Jepang, bahkan juga untuk metode dan teknik. Secara historis, kabut rahasia metode dan teknik tukang kayu/bangunan yang spesifik sudah terlihat sejak awal perkembangan arsitektur kuil-kuil sampai dengan bangunan rumah tinggal, mereka telah menggunakan beberapa ukuran, proporsi, teknik dan metode yang sangat indah. Kunci dari desain rekonstruksi adalah untuk menemukan formula proporsi yang asli, dan untuk mengulang kembali harmoni pada beberapa struktur yang berbeda ukuran dan perencanaan. Secara umum, formula proporsi masuk dalam dua kategori, yang pertama meliputi proporsi dari site; dan kedua, proporsi dari komponen bangunan itu sendiri. (Brown, 1989:46) Sebenarnya, pedoman untuk tukang bangunan/kayu di Jepang standarisasinya telah dimulai sejak periode Edo (1603~1867). Namun, dalam perkembangannya, sistim proporsi banyak mengalami perubahan dan perbedaan, dan kesemuanya tergantung pada periode, wilayah dan workshop (bengkel) perorangan, tetapi pada dasarnya serupa (Coldrake, 1990:24).
Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai desain yang dinamis dari penempatan proporsi dan ukuran bangunan kuil-kuil dan komposisi bangunannya. Seberapa besar peran dari metode kiwari dan teknik kiku, yang digunakan sebagai dasar standard ukuran untuk menentukan ukuran dari keseluruhan rangka bangunan, proyeksi dari lengkungan atap, tinggi atap, dan lain sebagainya. Munculnya perubahan modul struktur ke modul spasial dalam desain ruangan yang memposisikan kolom menurut dimensi dan aransemen dari tatami. Bagaimana penerapan proporsi dalam bangunan rumah tinggal dan tokonoma yang menjadi standar ukuran di Jepang sampai saat ini.

Jenis Kayu yang sering dipakai di Bangunan Gedung


Kayu Jati 

Kayu jati sering dianggap sebagai kayu dengan serat dan tekstur paling indah. Karakteristiknya yang stabil, kuat dan tahan lama membuat kayu ini menjadi pilihan utama sebagai material bahan bangunan. Kayu jati juga terbukti tahan terhadap jamur, rayap dan serangga lainnya karena kandungan minyak di dalam kayu itu sendiri. Tidak ada kayu lain yang memberikan kualitas dan penampilan sebanding dengan kayu jati. 

Pohon Jati bukanlah jenis pohon yang berada di hutan hujan tropis yang ditandai dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun. Sebaliknya, hutan jati tumbuh dengan baik di daerah kering dan berkapur di Indonesia, terutama di pulau Jawa. Jawa adalah daerah penghasil pohon Jati berkualitas terbaik yang sudah mulai ditanam oleh Pemerintah Belanda sejak tahun 1800 an, dan sekarang berada di bawah pengelolaan PT Perum Perhutani. Semua kayu jati kami disupply langsung dari Perhutani dari TPK daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kami tidak memakai kayu jati selain dari 2 daerah tersebut. 

Harga kayu jati banyak dipengaruhi dari asal, ukuran dan kriteria batasan kualitas kayu yang ditoleransi, seperti: ada mata sehat, ada mata mati, ada doreng, ada putih. Penentuan kualitas kayu jati yang diinginkan seharusnya mempertimbangkan type aplikasi finishing yang dipilih. Selain melindungi kayu dari kondisi luar, finishing pada kayu tersebut diharapkan dapat memberikan nilai estetika pada kayu tersebut dengan menonjolkan kelebihan dan kekurangan kualitas kayu tersebut. Contoh Finishing: Teak Oil, Politur, NC Lacquer, Melamin, Poly Urethane (PU).

Perencanaan Bangunan Tahan Terhadap Gempa




Earthquake did not kill people, but the bad building did it”. Gempa bukan bencana yang mematikan, tapi bangunan yang buruklah yang membunuh manusia.

Data- data terakhir yang berhasil direkam menunjukkan bahwa rata- rata setiap tahun ada 10 gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan yang cukup besar di Indonesia. Sebagian terjadi pada daerah lepas pantai dan sebagian lagi pada daerah pemukiman. Pada daerah pemukiman yang cukup padat, perlu adanya suatu perlindungan untuk mengurangi angka kematian penduduk dan kerusakan berat akibat goncangan gempa. Dengan menggunakan prinsip teknik yang benar, detail konstruksi yang baik dan praktis maka kerugian harta benda dan jiwa menusia dapat dikurangi.

Gempa yang terjadi dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu : gempa ringan, sedang, dan besar.
  • Gempa ringan yang terjadi tidak mengakibatkan efek yang berarti pada struktur,
  • Gempa sedang sedikit berakibat pada struktur tapi masih aman,
  • Dan untuk gempa yang besar, sudah mengakibatkan kerusakan pada struktur, tapi strukturnya masih tetap berdiri dan tidak roboh. Itulah pentingnya perencanaan bangunan tahan gempa, agar bangunan yang kita tempati aman, stabil, dan tidak mudah roboh saat terjadi gempa.
Berikut ini ada prinsip- prinsip yang dipakai dalam perencanaan bangunan tahan gempa :

Dilatasi pada sebuah bangunan


Dilatasi adalah sebuah sambungan/garis pada sebuah bangunan yang karena sesuatu hal memiliki sistim struktur berbeda. digunakan untuk menghindari kerusakan atau retak – terak pada bangunan yang ditimbulkan oleh gaya vertikal dan horizontal, seperti pergeseran tanah, gempa bumi, dan lain - lain. 

Dilatasi Bangunan, biasanya digunakan pada:
  • Bangunan yang mempunyai tinggi berbeda – beda. ( pertemuan antara bangunan yang rendah dengan yang tinggi ).
  • Pemisah bangunan induk dengan bangunan sayap.
  • Bangunan yang memiliki kelemahan geometris.
  • Bangunan yang memiliki panjang >30m.
  • Bangunan yang berdiri diatas tanah yang kurang rata.
  • Bangunan yang ada didaerah gempa.
  • Bangunan yang mempunyai bentuk denah bangunan L, T, Z, O, H, dan U. 

KOLOM


Kolom adalah batang tekan vertikal dari rangka struktur yang memikul beban dari balok. Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur (Sudarmoko, 1996). 


SK SNI T-15-1991-03 mendefinisikan kolom adalah komponen struktur bangunan yang tugas utamanya menyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak ditopang paling tidak tiga kali dimensi lateral terkecil.

Fungsi kolom adalah sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Bila diumpamakan, kolom itu seperti rangka tubuh manusia yang memastikan sebuah bangunan berdiri. Kolom termasuk struktur utama untuk meneruskan berat bangunan dan beban lain seperti beban hidup (manusia dan barang-barang), serta beban hembusan angin.



Kolom berfungsi sangat penting, agar bangunan tidak mudah roboh. Beban sebuah bangunan dimulai dari atap. Beban atap akan meneruskan beban yang diterimanya ke kolom. Seluruh beban yang diterima kolom didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya.



Struktur dalam kolom dibuat dari besi dan beton. Keduanya merupakan gabungan antara material yang tahan tarikan dan tekanan. Besi adalah material yang tahan tarikan, sedangkan beton adalah material yang tahan tekanan. Gabungan kedua material ini dalam struktur beton memungkinkan kolom atau bagian struktural lain seperti sloof dan balok bisa menahan gaya tekan dan gaya tarik pada bangunan.

10 Oktober, 2012

Elevator & Eskalator Pada Perencanaan Instalasi Gedung Bertingkat


Jika kita mendirikan bangunan, bukan hanya keindahan tampak bangunan dan keserasian bangunan terhadap lingkungan yang harus kita perhatikan. Namun juga keamanan bangunan tersebut terhadap segala bencana yang dapat diakibatkan oleh kurang diperhatikannya perencanaan instalasi yang terdapat didalam bangunan tersebut. Selain itu juga harus diusahakan kemudahan bagi penyelamatan penghuni bila terjadi bencana. Setiap rencana instalasi dari bangunan yang akan dilaksanakan harus diteliti dahulu oleh seksi Instalasi dan Perlengkapan Bangunan/TPIB (Team Penasehat Instalasi dan Perlengkapan Bangunan).
Beberapa macam Instalasi yang harus diperhatikan :
  1. Instalasi Pemadam Kebakaran
    Sistem yang bisa digunakan antara lain :
    * Sistem Hydrant
    * Sistem Sprinkler
    * Sistem Fire Alarm
  2. Instalasi Elevator & Eskalator
    Didalam perencanaan instalasi Elevator dan Eskalator, yang harus diperhatikan:
    * Pola lalu lintas orang dan barang disekitar dan didalam gedung harus diperhatikan
    * Elevator penumpang, barang dan kebakaran harus terpisah
    * Cara penanggulangan bila terjadi keadaan darurat.
  3. Instalasi Air Buangan
    Didalam perencanaan instalasi air buangan, yang harus diperhatikan antara lain :
    * Sistem jaringan air kotor dan air hujan diluar bangunan
    * Sistem pengelolaan air kotor
    * Pengolahan air kotor tidak boleh mengganggu lingkungan sekitarnya.
  4. Instalasi Listrik
    Didalam perencanaan instalasi listrik yang harus diperhatikan adalah :
    * Sakelar khusus ukuran (rating) pengaman jenis pengaman dan penampang kabel
    * Penempatan generator genset
    * Sumber tenaga yang digunakan PLN, atau pembangkit tenaga listrik sendiri.
  5. Instalasi Plumbing
    Didalam perencanaan instalasi plimbing yang harus diperhatikan adalah :
    * Sistem pemipaan air bersih
    * Sistem pemipaan air limbah
    * Sistem pemipaan air hujan
    * Sistem pemipaan air limbah.
  6. Instalasi Air Codition dan Refrigeration
    * Apabila harus terjadi kebakaran, AHU pada lokasi kebakaran harus mati secara otomatis berbarengan dengan fire alarm bekerja
    * Faktor keamanan yang dipakai.
Dari sekian banyak instalasi gedung bertingkat yang harus diperhatikan, berikut ini akan sedikit diulas tentang instalasi alat transportasi vertikal pada gedung bertingkat.

Prosedur Konsep Arsitektur



Dengan melakukan proses perancangan yang lebih tertib akan memberikan kesempatan dalam menyusun konsep yang konsisten. Konsep-konsep yang tersusun secara konsisten memberikan kemudahan dalam melakukan eksplanasi terhadap pihak luar yang ingin mengetahui dasar-dasar perancangan bangunan tersebut. 

Fakta memberikan dasar terhadap persoalan-persoalan yang muncul di lapangan terhadap latar belakang kebutuhan dan kepentingan proyek tersebut dibangun. Beberapa fakta menjadi sangat menonjol peranannya dalam mengarahkan tema atau topik yang dipilih dalam sebuah proyek. Terkadang topik yang muncul dapat berlawanan atau tidak sejalan dengan kebutuhan-kebutuhan fungsional dari sebuah bangunan.